Giliran Manggarai Timur dan Ende, Pilkada Nagekeo Digugat

Giliran Manggarai Timur dan Ende, Pilkada Nagekeo Digugat

Posted by at 22 July, at 18 : 27 PM Print

inilahFLORES – Sepanjang 2013, daerah-daerah di Flores akan diramaikan dengan Pilkada. Setelah Kabupaten Sikka dan Nagekeo, masyarakat Kabupaten Manggarai Timur dan Kabupaten Ende akan menyelengarakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

“Ada 11 pilkada termasuk Pilkada Gubernur yang berlangsung pada 2013 di NTT. Tiga pemilihan sudah digelar yakni Pilkada Gubernur, Pilkada Sikka, dan Pilkada Nagekeo. Lima Pilkada lainnya digelar 5 Agustus mendatang,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT Johanes Depa di Kupang, Senin (22/7/2013).

Johanes Depa mengatakan, pihaknya terus memantau dan mengevaluasi jalannya Pilkada yang terjadi di semua wilayah di NTT, termasuk yang terjadi dan akan berlangsung di Flores. Pihaknya berharap pesta demokrasi tingkat lokal tersebut mampu menjawabi aspirasi masyarakat melalui terpilihnya pemimpin yang sesuai dengan harapan masyarakat.

Gugat ke MK

Sementara itu, tiga pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Nagekeo telah mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi atas dugaan kecurangan yang terjadi dalam pelaksanaan pilkada Nagekeo.

Tiga pasangan itu adalah pasangan Don Bossco Do dan Gaspar Batubata, Piet Nuwa dan Florentinus Pone, serta Lukas Tonga dan Yosep Juwa Dobe Ngole.

Ketiga pasangan dan sejumlah saksi di TPS melihat sejumlah kejanggalan dalam pelaksanaan pilkada yang dilakukan pada 8 juli (8/7/2013). Kejanggalan tersebut antara lain adalah ditemukannya amplop surat suara yang sudah tidak tersegel, sertifikat hasil penghitungan surat suara C1-KWK-KPU dan lampirannya merupakan fotocopyan. Formulir model BC-KWK.KPU yang tertulis bukanlah nama kabupaten Nagekeo melainkan Kabupaten Sikka. Pada lembaran model 1 KWK-KPU juga hanya mencantumkan lima nomor urut paket pasangan calon. Padahal paket pasangan Cabup dan Cawabup berjumlah 7 paket pasangan.(if02)

Berita Terbaru , , , , ,

Related Posts

Leave a Reply

Hubungi Kami

PT Flores Media Research
Email : redaksi@inilahflores.com
Redaksi inilahflores.com menerima tulisan, liputan publik, foto, dan video. Kritik dan usul saran Anda kami tunggu melalui email redaksi