Menuju Pusaran Tradisi di Ngada

Menuju Pusaran Tradisi di Ngada

Posted by at 20 November, at 18 : 35 PM Print

inilahFLORES – Dua foto ini memperlihatkan kuatnya sebuah tradisi membangun budaya dan harapan ke masa depan. Pada pilar-pilarnya, tradisi itu telah hidup dan memberikan tali pusar kepada generasi penerusnya. Tidaklah salah jika generasi penerus itu terus menerus menetek hingga tumbuh menjadi besar. Lalu, semua menyebutnya sebagai penjaga tradisi.

Bidikan Marcel Paga yang diberi komentar “Ole-Ole dari Bena” menunjukkan hubungan intim antara tradisi, budaya, dan generasi penerusnya. Sejauh dia melangkah, dia akan tetap berada di belakang pilar-pilar tradisi demi memandang masa depannya. Dia tidak mungkin akan meninggalkan rumahnya, tempat dia lahir dan dibesarkan.

Tidak jauh berbeda, Bollang Scooter – demikian salah satu anggota grup Ngada Bangkit di situs jejaring sosial Facebook menyebut dirinya – membidik profil Wilson Rewo yang sedang memainkan alat musik tradisional laba go dari Ngada. Bollang Scooter memberi keterangan, Wilson Rewo telah berlatih laba go sejak  dia berumur 8 tahun.

Mereka telah menjadi contoh dari gerakan menuju ke pusaran tradisi Ngada. Bahwa generasi penerus harus selalu ada dan mempelajari demi mewarisi tradisi, budaya, dan nilai luhur dari pengetahuan awali nenek moyang.(iFo2)

Foto Terbaru , , ,

Related Posts

Leave a Reply

Hubungi Kami

PT Flores Media Research
Email : redaksi@inilahflores.com
Redaksi inilahflores.com menerima tulisan, liputan publik, foto, dan video. Kritik dan usul saran Anda kami tunggu melalui email redaksi